Matahari terus berputar dari ufuk timur ke ufuk barat, terus menerus tanpa henti dan merasa lelah. Dan saya terdampar pada kondisi sekarang hari minggu 06 februari 2011. Setelah menyelesaikan pendidikan diploma 4 saya kembali ke kampung halaman dan mencari pekerjaan. Ada beberapa kesempatan pekerjaan namun masih belum tercapai. Hingga pada akhirnya ada tawaran¬† untuk menjadi guru honorer pendidikan kewarganegaraan,ga sesuai dengan keahlian saya. Tapi tak apalah. Mungkin ini pembelajaran dan harus lebih sungguh-sungguh lagi…

Advertisements

Pagi all…..pagi hari biasanya jadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Karena semalaman tubuh telah diistirahatkan dan saat bangun, tubuh telah menjadi segar bugar. Beda dengan apa yang saya rasakan, saya tidak merasakan apa yang mereka rasakan ūüė¶ tubuh rasanya remuk redam, mana ditambah cuaca dingin yang menggigit. Membuat tidak nyaman saja. Awalnya, pola hidup saya telah berubah semenjak beberapa bulan yang lalu. Saya menghabiskan waktu malam saya untuk bergadang dan baru tidur pagi harinya. Alhasil acara bagun tidur tengah hari dan kegiatan selanjutnya adalah berleha-leha hingga sore menjelang.

Aktivitas saya yang sesungguhnya terjadi pada malam hari. Entah itu saya gunakan sebaik-baiknya ataupun tidak. Kondisi badan yang tidak fit ini mengganggu aktivitas pengerjaan tugas yang deadline-nya sekitar seminggu lagi. Kadang dalam pengerjaan Tugas ini mengalami titik buntu dan susah menemukan solusinya. Pelarian terbaik adalah dengan memperbanyak tidur saya. Saya juga tidak bisa memaksakan diri untuk terus bekerja kalau kondisi saya yang benar-benar tidak fit. Berbeda dengan beberapa orang yang mampu tidak tidur 3 hari 3 malam. Kalau saya melakukan itu, saya takutnya kondisi tubuh saya menurun dan kesehatan terganggu. Fiuuuuhhhh….semoga ada keajaiban sehingga saya benar-benar fit sehingga siap untuk mengerjakan tugas. Ganbatte.


Setiap malam menjelang tidur , aku selalu berharap  bahwa  paginya saat aku terbangun bibirku tersenyum dan hatiku berbunga-bunga. Bahagia bukan karena jatuh cinta, namun aku menginginkan hidup bebas alias semua hal dijalani dengan enteng. Sebagai rasa syukur yang tidak terhingga atas karunia Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Namun tetap saja malam-malam yang indah untuk menikmati tidur pulas, aku selalu terbangun pada kondisi dimana aku merasa sedih dan hampa. Kadang menangis, kadang melamun dan sebagainya.

Aku benci dengan rasa kehilangan dan mengingat  orang yang tidak pantas kuingat, aku benci  menangis semalam dan khayalan yang tidak berarti, aku ingin baik2 saja.

Waktu terus berjalan , TPPAku (baca: Tugas Pendahuluan Proyek Akhir) semakin didepan mata. Namun aku belum siap apa2. Rasa sedih yang berlarut-larut membuat motivasiku untuk bangkit melemah. Namun aku merasa semuanya harus diubah, walaupun dengan susah payah.

Kuliah yang dipenghujung semester seharusnya membuatku lebih termotivasi lagi. Karena masa-masa indah ini pasti akan berakhir dan suatu saat nanti  ingin kembali pada masa-masa ini.

Hmmm….bicara tentang TPPA, aku belum menemui dosen pembimbing kedua yang mengurusi laporan TPPA-ku, ayok…semangat-semangat. Jangan sampai patah hati yang berkepanjangan membuatku sedih berlarut-larut .


Skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamine, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra). Skizofrenia bisa mengenai siapa saja. Data American Psychiatric Association (APA) tahun 1995 menyebutkan 1% populasi penduduk dunia menderita skizofrenia.

75% Penderita skizofrenia mulai mengidapnya pada usia 16-25 tahun. Usia remaja dan dewasa muda memang berisiko tinggi karena tahap kehidupan ini penuh stresor. Kondisi penderita sering terlambat disadari keluarga dan lingkungannya karena dianggap sebagai bagian dari tahap penyesuaian diri.

Pengenalan dan intervensi dini berupa obat dan psikososial sangat penting karena semakin lama ia tidak diobati, kemungkinan kambuh semakin sering dan resistensi terhadap upaya terapi semakin kuat. Seseorang yang mengalami gejala skizofrenia sebaiknya segera dibawa ke psikiater dan psikolog.

Gejala : Indikator premorbid (pra-sakit) pre-skizofrenia antara lain ketidakmampuan seseorang mengekspresikan emosi: wajah dingin, jarang tersenyum, acuh tak acuh. Penyimpangan komunikasi: pasien sulit melakukan pembicaraan terarah, kadang menyimpang (tanjential) atau berputar-putar (sirkumstantial). Gangguan atensi: penderita tidak mampu memfokuskan, mempertahankan, atau memindahkan atensi.

Gangguan perilaku: menjadi pemalu, tertutup, menarik diri secara sosial, tidak bisa menikmati rasa senang, menantang tanpa alasan jelas, mengganggu dan tak disiplin.Gejala-gejala skizofrenia pada umumnya bisa dibagi menjadi dua kelas:

Gejala-gejala Positif : Termasuk halusinasi, delusi, gangguan pemikiran (kognitif). Gejala-gejala ini disebut positif karena merupakan manifestasi jelas yang dapat diamati oleh orang lain.

Gejala-gejala Negatif : Gejala-gejala yang dimaksud disebut negatif karena merupakan kehilangan dari ciri khas atau fungsi normal seseorang. Termasuk kurang atau tidak mampu menampakkan/mengekspresikan emosi pada wajah dan perilaku, kurangnya dorongan untuk beraktifitas, tidak dapat menikmati kegiatan-kegiatan yang disenangi dan kurangnya kemampuan bicara (alogia).

Meski bayi dan anak-anak kecil dapat menderita skizofrenia atau penyakit psikotik yang lainnya, keberadaan skizofrenia pada grup ini sangat sulit dibedakan dengan gangguan kejiwaan seperti autisme, sindrom Asperger atau ADHD atau gangguan perilaku dan gangguan stres post-traumatik. Oleh sebab itu diagnosa penyakit psikotik atau skizofrenia pada anak-anak kecil harus dilakukan dengan sangat berhati-hati oleh psikiater atau psikolog yang bersangkutan.

Pada remaja perlu diperhatikan kepribadian pra-sakit yang merupakan faktor predisposisi skizofrenia, yaitu gangguan kepribadian paranoid atau kecurigaan berlebihan, menganggap semua orang sebagai musuh. Gangguan kepribadian skizoid yaitu emosi dingin, kurang mampu bersikap hangat dan ramah pada orang lain serta selalu menyendiri. Pada gangguan skizotipal orang memiliki perilaku atau tampilan diri aneh dan ganjil, afek sempit, percaya hal-hal aneh, pikiran magis yang berpengaruh pada perilakunya, persepsi pancaindra yang tidak biasa, pikiran obsesif tak terkendali, pikiran yang samar-samar, penuh kiasan, sangat rinci dan ruwet atau stereotipik yang termanifestasi dalam pembicaraan yang aneh dan inkoheren.

Tidak semua orang yang memiliki indikator premorbid pasti berkembang menjadi skizofrenia. Banyak faktor lain yang berperan untuk munculnya gejala skizofrenia, misalnya stresor lingkungan dan faktor genetik. Sebaliknya, mereka yang normal bisa saja menderita skizofrenia jika stresor psikososial terlalu berat sehingga tak mampu mengatasi. Beberapa jenis obat-obatan terlarang seperti ganja, halusinogen atau amfetamin (ekstasi) juga dapat menimbulkan gejala-gejala psikosis.

Penderita skizofrenia memerlukan perhatian dan empati, namun keluarga perlu menghindari reaksi yang berlebihan seperti sikap terlalu mengkritik, terlalu memanjakan dan terlalu mengontrol yang justru bisa menyulitkan penyembuhan. Perawatan terpenting dalam menyembuhkan penderita skizofrenia adalah perawatan obat-obatan antipsikotik yang dikombinasikan dengan perawatan terapi psikologis.

Kesabaran dan perhatian yang tepat sangat diperlukan oleh penderita skizofrenia. Keluarga perlu mendukung serta memotivasi penderita untuk sembuh. Kisah John Nash, doktor ilmu matematika dan pemenang hadiah Nobel 1994 yang mengilhami film A Beautiful Mind, membuktikan bahwa penderita skizofrenia bisa sembuh dan tetap berprestasi.

Sumber : Wikipedia


Hari ini tanggal 13 februari 2009. Perasaan bete banget. Lagi nggak enak hati aja. Project inventory yang udah 2 bulan belum slese. Aku diemin aja. Padahal 2 minggu lagi. Aku udah slese magang diperusahaan ini. Pusing mikir alur berfikir pola kerja si program inventory ini. Jadi seharian cuma bolak balik search google nyari sesuatu yang enak dibaca.

Ntar malam valentine day yah. Aku bukan termasuk orang yang ngerayain hari valentine. Sejak smp(masa-masa puber) sampai  sekarang. Valentine itu apa sih ? katanya hari kasih sayang. Pasangan muda mudi yang lagi dimabuk asmara lantas mempersiapkan hari  tersebut dengan sebaik-baiknya. Sebatang coklat dan seikat bunga udah disiapin untuk kekasih hati.

Dikotaku (baca:berau) anak-anak muda merayakan valentine dengan keliling-keliling kota bersepeda motor sambil si cewe memeluk mesra si cewe (baca:nyendok). Tidak peduli mereka melewati jalan ramai.

Kayaknya kebiasan ini menjadi trend dikalangan remaja kita. Padahal valentine merupakan budaya barat.

Hemm kayaknya jalan yang melewati rumahku bakal rame malam ini. Coz jalannya agak sepi-sepi gitu dan luas (sedikit gelap-gelap) cocok untuk orang yang lagi kasmaran. Paling aku cuma mondar-mandir dikasur memeluk guling dan akhirnya tertidur pulas.


Bagi sebagian orang yang udah pakarnya Visual Basic ,  mungkin tema ini udah biasa . Tapi apa salahnya saya berbagi sedikit ilmu buat para newbie-newbie VB seperti saya .Oia untuk mendukung pembuatan program ini aku pake mysql server 5.0 , SQL yog (for tampilan database-nya) dan visual basic 6 .Programnya buat simpe aja supaya mudah dipahami.

1. Langkah pertama buat formnya dulu donk

– 1buah frame

-2 buah label dengan masing-masing caption tulisan ‘kategori’ dan ‘:’

– 1 buah combobok¬† dengan name ‘cbkat’

pic2

2. Siapin databasenya , aku udah buat database dengan nama ‘mis’ , tabelnya ‘mis_kategori_pc’ dan fieldnya kategori.

db

3. Lalu pilih view kode , untuk menuliskan kodingnya

‘Inisialisasi untuk memanggil database dan tabel
Public cn As New ADODB.Connection
Public rs As New ADODB.Recordset

Private Sub Form_Load()
‘nama data base ‘
Set cn = New ADODB.Connection
cn.Open “Provider=msdasql.1;Data Source=mis;”

‘ambil kategori dari tabel di database
Set rs = New ADODB.Recordset
rs.Open “select kategori from mis_kategori_pc order by kategori ASC”, cn

‘menampilkan isi combobox dari database ‘
Do While Not rs.EOF
cbkat.AddItem rs!kategori
rs.MoveNext
Loop
rs.Close
End Sub

4. Hasilnya seperti gambar dibawah ini

hasil

Mudah bukan !!!! Selamat mencoba.


Setelah 2 bulan lamanya menjalani kki (kuliah kerja industri) . Kurang satu bulan lagi aku selesai menjalankan tugas berat sekaligus menyenangkan ini .

Bagaimana tidak berat . Pulang pergi naik angkot . Klo dapat angkotnya mudah mending . Ini susahnya minta ampun . Habis rumahku ga dilewati jalur angkot sih dan motor  juga nggak punya .

Yah mungkin ini yang namanya kesulitan-kesulitan yang harus dilewati sebelum menjadi orang sukses . He….

Tapi aku sedang berfikir gimana caranya menjalani hidupku satu bulan ini. Mana uang tipis banget . Kerja ga’ dapat -dapat gaji . Apa harus kerja part time k untuk memenuhi kebutuhan transportku tiap hari .

Mana bisa , aku masuk kerja standby dari rumah jam 7 pulang jam 5 sore . Itupun harus nunggu angkot lamaaaaaaa banget . Berjam-jam.Sampe bulukan tubuh ini , kena debu ,angin dan sebagainya.